Senin, 21 Maret 2016

Hidup Jangan Dibikin Susah, Kalau Mau Bahagia Tekan 'Tombol' Ini



- Siapa yang tak mau hidupnya bahagia? Pastinya semua orang ingin hidupnya penuh warna dan selalu dilimpahi rasa bahagia. Hanya saja tak semua orang bisa benar-benar mendapatkan kebahagiaan yang mereka impikan. Tapi sebenarnya kebahagiaan itu bisa kita ciptakan sendiri, Ladies. Dari hal-hal yang sebenarnya sederhana dan sepele, kita bisa membuat hati kita lebih ceria dan bahagia dari sebelumnya. Nggak percaya? Coba deh ikuti tips yang disarankan oleh Eric Barker penulis "Barking Up the Wrong Tree"ini.

Tekan "Tombol Rasa Syukur"
Menurut ahli saraf Alex Korb, bersyukur bisa mengaktifkan daerah batang otak yang memproduksi dopamin yang bisa membuat kita merasa lebih nyaman dan senang. Dalam sebuah penelitian tentang rasa bersyukur, para peneliti menggunakan fMRI untuk mengukur aktivitas otak pada para subjek yang mengalami berbagai emosi berbeda. Para peneliti pun menemukan bahwa bersyukur seperti emosi kompleks lainnya melibatkan banyak bagian otak, dan bersyukur itu sendiri bisa menghadirkan rasa bahagia.
Jadi, kalau kamu ingin merasa bahagia, coba sebutkan sejumlah hal yang kamu syukuri selama ini. Mulai dari hal-hal yang sederhana saja, semacam bersyukur masih bisa diberi kesempatan menghirup dunia atau menikmati makanan yang kamu sukai. Dengan begitu, rasa bahagia akan mengalir dengan sendirinya.

Tekan "Tombol Emosi Negatifmu"
Kalau kamu merasa kesal dan sebal, coba namai emosimu dengan label tertentu, misalnya sedih, marah, cemas, atau sakit hati. Beri label pada emosi negatifmu. Utarakan dan ungkapkan saja emosi yang kamu rasakan. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah menerima emosi yang ada dan pada akhirnya bisa kembali berdamai dengannya.
Mungkin awalnya agak susah untuk melabeli atau memberi nama emosi yang kamu rasakan. Tapi coba saja dulu. Biasanya ketika kamu sudah bisa mengenali emosimu, kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya dengan cara yang lebih mudah.

Tekan "Tombol Buat Keputusan"
Membuat sebuah keputusan bisa meredakan rasa cemas dan was-was. Usahakan untuk berani mengambil keputusan atau memilih satu jalan ketika kamu dilanda rasa galau atau sedih. Bahkan Korb menjelaskan bahwa membuat keputusan bisa meningkatkan aktivitas dopamin. Efeknya? Kita jadi bisa merasa lebih bahagia.
Selain cara di atas, salah satu cara ampuh lainnya untuk bisa membuat kita bahagia adalah dengan melakukan sentuhan atau pelukan. Saat kamu sedang sedih atau merasa tertekan, coba peluk orang tersayangmu. Pelukan hangat bisa membuat hati terasa lebih ringan dan bahagia. Bahkan genggaman tangan sudah bisa membuatmu merasa lebih nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar